Thursday, 3 November 2022

Tugas 2 Perilaku Konsumen

Gambar 1. Iklan produk Shopee Gambar 2. Iklan produk Katkot Proses belajar terjadi ketika seseorang konsumen memiliki perubahan perilaku. Salah satu pengaplikasiannya yaitu dapat dilihat pada gambar iklan berikut ini. a. Kemukakan proses belajar konsumen apakah yang digunakan pada iklan gambar 1 tersebut yaitu iklan shopee! Jelaskan alasan memilih jenis proses belajar tersebut! Jawab: https://www.studocu.com/id/document/universitas-terbuka/bahasa-indonesia/ekma4567-tugas-2-imelda-stefany/37585660 Jenis proses belajar konsumen adalah perilaku instrumental, di mana seorang konsumen akan termotivasi untuk membeli lagi karena merasakan hal yang nyaman bagi dirinya jika menggunakan produk/jasa tersebut. Produk tersebut telah dipakai dan memberikan reward sesuai harapan konsumen. Sehingga jika konsumen puas maka akan membeli ulang dan bahkan akan mengajak orang lain untuk membeli produk yang sama. Karena kemudahan yang didapat yaitu adanya cashback dan gratis ongkir pada shopee. b. Jelaskan prinsip apakah yang diterapkan dalam gambar iklan no. 2, iklan berupa makanan tersebut! Mengapa produsen menerapkan prinsip tersebut dalam strategi pemasarannya! Jawab: Kesamaan nama (similiar name) yaitu suatu produk yang mempunyai kesamaan sebutan atau nama padahal kedua produk adalah berbeda hanya saja mirip dengan pesaing, dan pesaing tersebut biasanya lebih terkenal dan telah memiliki brand emage yang baik di mata masyarakat/konsumennya. Hal ini dilakukan perusahaan KatKot ini untuk menyaingi KitKat sehingga bisa mendapatkan penjualan lebih banyak lagi dengan menggunakan similiar name tersebut c. Jelaskan tiga jenis proses belajar dan apakah perbedaannya! Jawab: https://www.studocu.com/id/document/universitas-terbuka/bahasa-indonesia/ekma4567-tugas-2-imelda-stefany/37585660 Tiga jenis proses belajar -Proses belajar classical conditioning menganggap bahwa mahluk hidup, manusia maupun binatang adalah mahluk fasif yang bisa di ajarkan Prilaku tertentu melalui proses pengulangan. -ProsesProses belajar instrumental tidak lain adalah pengalaman pribadi terhadap suatu produk berdasarkan reward yang di rasakan. Seseorang akan terdorong untuk membeli lagi karena merasa nyaman dengan produk tersebut. -ProsesProses belajar observation (vicarious) di lakukan ketika konsumen mengamati tindakan dan perilaku orang lain dan konsumsi Dari Prilaku tersebut, konsumen sering kali meniru perilaku organ lain yang di anggap sebagai modeling.Perbedaan nya yaitu : classical conditioning merupakan proses pengulangan,instrumental merupakan sikap mengulang/membeli kembali apabila produk yang digunakan bagus, vicarious merupakan Prilaku menurut dari hasil memperhatikanseseorang. (EKMA4567 Modul 4)

Paling Banyak Diminati