Saturday, 30 March 2019

Abdul Hadi


PERILAKU KONSUMEN TERHADAP
PEMBELIAN MIE INSTAN OLEH MASYARAKAT
KECAMATAN   LANGSA   BARAT   PEMKO   LANGSA


S K R I P S I

Diajukan untuk memenuhi sebagian syarat-syarat
Guna  mencapai  gelar  Sarjana  Ekonomi  pada
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Pase

O l e h


ABDUL HADI
   N P m: 02.1.1500
JURUSAN         : MANAjEMEN



 










SEKOLAH TINGGI ILMU MANAJEMEN
(STIM) PASE LANGSA
2006


KATA PENGANTAR

          Syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul “PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN MIE INSTAN OLEH MASYARAKAT KECAMATAN LANGSA BARAT PEMKO LANGSA“, guna memenuhi persyaratan menempuh gelar Sarjana Ekonomi pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Pase Langsa. Serta tak lupa pula kita sanjung sajikan selawat dan salam keharibaan junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah membawa umatnya dari jalan kebodohan menuju  jalan yang berilmu pengetahuan.
          Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu ke arah penyelesaian skripsi ini, terutama sekali kepada:
1.    Keluarga yaitu orang tua, istri dan anak-anak serta saudara-saudaraku tercinta, yang telah banyak memberikan dukungan dan doa serta memotivasi penulis untuk mengikuti pendidikan ini hingga selesainya penulisan skripsi ini.
2.              Bapak Drs. H. Said Yunus, MM, selaku Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Pase Langsa dan sebagai Dosen Pembimbing I yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan petunjuk sehingga skripsi ini dapat penulis selesaikan.    
3.    Bapak Saifuddin Puteh, SE, MM, selaku Pembantu Ketua Bidang Akademik STIM Pase Langsa sekaligus Dosen pembimbing II yang telah banyak memberi pengarahan hingga terselesainya skripsi ini
4.    Bapak/Ibu Dosen pada STIM Pase Langsa, yang telah banyak membekali penulis dalam berbagai disiplin ilmu.
5.    Rekan-rekan seperjuangan yang telah menyumbangkan pikiran dan saran-saran ke arah penyelesaian skripsi ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu.
          Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini masih terdapat kekurangan-kekurangan dan kekeliruan baik dalam susunan kata maupun isinya. Oleh sebab itu penulis dengan segala senang hati  menerima sumbangan pikiran dari semua pihak demi kesempurnaan skripsi ini.
          Atas segala jerih payah dan bantuan yang diberikan itu, penulis tidak dapat membalasnya, semua ini penulis serahkan kepada Allah SWT semoga kita tetap berada dalam lindungan-Nya. Amiin.




Langsa,            2006
                                                                                      Penulis,


                                                                                  ABDUL HADI

DAFTAR  ISI

                                                                                                Halaman
KATA PENGANTAR............................................................................ i
DAFTAR ISI...................................................................................... iii
ABSTRAKSI....................................................................................... iv
DAFTAR TABEL................................................................................. v
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................... vi

BAB  I       PENDAHULUAN................................................................. 1
                  A. Latar Belakang Permasalahan........................................ 1
                  B. Tujuan dan Kegunaan Penelitian.................................... 3
                  C. Hipotesis..................................................................... 4
                  D. Metode Penelitian......................................................... 5
                  E. Metode Analisis Data..................................................... 6
                  F. Peralatan Analisis......................................................... 7
                  G. Sistematika Penulisan................................................... 8

BAB  II     STUDI KEPUSTAKAAN....................................................... 10
                  A. Pengertian Perilaku Konsumen...................................... 10
                  B. Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen..... 11
                  C. Motif Pembelian Konsumen.......................................... 13
                  D. Keputusan Pembelian.................................................. 14
            
BAB  III   HASIL PENELITIAN............................................................ 16 
                 A. Gambaran Umum Masyarakat Kota Langsa...................... 16
                 B. Karakteristik Responden................................................ 17
                 C. Identifikasi Perilaku Konsumen...................................... 18
                 D. Identifikasi Pembelian Mie Instan................................... 20

BAB  IV  PEMBAHASAN..................................................................... 24
                 A. Analisis Perilaku Konsumen........................................... 24
                 B. Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Mie
                     Instan Oleh Masyarakat Kota Langsa............................... 25

BAB  V  KESIMPULAN DAN SARAN-SARAN......................................... 29
                A. Kesimpulan.................................................................. 29
                B. Saran-Saran.................................................................. 30

DAFTAR KEPUSTAKAAN.................................................................... 31
LAMPIRAN-LAMPIRAN...................................................................... 32


ABSTRAKSI

PERILAKU     KONSUMEN    TERHADAP

PEMBELIAN MIE INSTAN OLEH MASYARAKAT

KECAMATAN   LANGSA   BARAT   PEMKO   LANGSA


Nama                  : Abdul Hadi
NPM                    : 02.1.1500
Pembimbing I      : Drs. H. Said Yunus, MM
Pembimbing II     : Saifuddin Puteh, SE, MM

Masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa khususnya dalam mengkonsumsi produk mie sudah menjadi kebiasaan karena selain barang substitusi pengganti nasi, mie juga termasuk temannya lauk. Banyak dari kanak-kanak sampai remaja dan orang dewasa menggemari konsumsi mie karena rasanya enak dan gurih merupakan makanan siap saji yang tidak membutuhkan waktu lama dalam mengolahnya, praktis dan ekonomis. Maksudnya adalah dapat menghemat waktu pengerjaan, mudah diperoleh (tersedia sampai di warung-warung kecil), dan harganya pun terjangkau dari kalangan masyarakat bawah, menengah dan tinggi di Kota Langsa.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan perilaku masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa dalam mengkonsumsi mie instan dan untuk mengetahui jenis mie instan manakah yang paling digemari. Sedangkan Kegunaan penelitian agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi produsen mie instan.
Untuk menganalisis data dalam hal ini penulis menggunakan dua metode yaitu  metode kualitatif dan  metode kuantitatif dengan menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science), dan peralatan analisis menurut Rangkuti (2002:164).
Hasil penelitian diperoleh bahwa mie instan yang paling digemari oleh masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa adalah Indomie.
Pada bab pembahasan diperoleh nilai koefisien persamaan regresi berganda dapat disampaikan bahwa b1 = 0,088 berarti setiap kenaikan 1 pada X1, maka akan terjadi kenaikan nilai Y sebesar 0,088. Demikian juga dengan Koefisien b2 = 0,049 dan b3 = 1,419 berarti setiap kenaikan 1 pada X2 dan X3 akan terjadi kenaikan nilai Y sebesar 0.049 dan 1,419.
Hasil regresi berganda untuk ketiga variabel yang ada di dapat bahwa nilai R2 adalah  sebesar 0,746. hal ini berarti 74.6% perilaku konsumen (Y) dipengaruhi oleh ketiga variabel bebas yaitu merek, manfaat dan nilai (yang mewakili berbagai macam produk mie instan) yang menunjukkan tingkat hubungan yang erat dan mempunyai pengaruh yang kuat dalam menerangkan perilaku konsumen terhadap pembelian mie instan. Sehingga hipotesis yang telah diajukan semula adalah terbukti dan dapat diterima.
DAFTAR TABEL


TABEL                                                                                Halaman

III-1      JUMLAH PENDUDUK KOTA LANGSA TAHUN 2005.......... 16


III-2      KARAKTERISTIK RESPONDEN....................................... 17


III-3      IDENTIFIKASI PERILAKU KONSUMEN............................. 19


III-4     PENGARUH MEREK MIE INSTAN PADA MASYARAKAT
            KECAMATAN LANGSA BARAT PEMKO LANGSA
            TAHUN 2005................................................................ 20


III-5     PENGARUH MANFAAT MIE INSTAN PADA MASYARAKAT
            KECAMATAN LANGSA BARAT PEMKO LANGSA
           TAHUN 2005................................................................. 22

       
III-6     PENGARUH NILAI MIE INSTAN PADA MASYARAKAT
           KECAMATAN LANGSA BARAT PEMKO LANGSA
           TAHUN 2005................................................................. 22


IV-1     HASIL ANALISIS REGRESI PERILAKU KONSUMEN
           TERHADAP PEMBELIAN MIE INSTAN OLEH MASYARAKAT
           KECAMATAN LANGSA BARAT PEMKO LANGSA
           TAHUN 2005................................................................. 26
          








DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran                                                                          Halaman
  
     I        Kuisioner................................................................ 32

   
     II       BERBAGAI Merek Mie Instan Yang Diiklankan ..... 34


    III       Regression ............................................................ 35



BAB  I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Permasalahan
Setiap masyarakat selalu mengembangkan suatu sistem dalam memproduksi dan menyalurkan barang-barang dan jasa-jasa. Dalam masyarakat industri yang sudah maju, seperti Jepang, negara-negara di Eropa, dan sebagainya, sistem ini sangat kompleks dan barang-barang ekonomis yang tersedia beraneka ragam. Untuk memahami perilaku masyarakat dalam pembelian barang-barang tersebut dibutuhkan studi tersendiri. Perusahaan pun berkepentingan dengan hampir setiap kegiatan manusia dalam sistem ini, karena perilaku konsumen merupakan bagian dari kegiatan manusia. Sehingga bila membicarakan perilaku konsumen itu berarti membicarakan kegiatan manusia.
Konsumen membeli barang dan jasa adalah untuk memuaskan berbagai keinginan dan kebutuhan. Barang dan jasa itu sendiri tidaklah sepenting kebutuhan dan keinginan manusia yang dipenuhinya. Misalnya, seorang membeli mobil Mercedes, akan tetapi karena membutuhkan status dan prestise yang dipuaskan dengan pemilikan mobil Mercedes tersebut. Jadi, yang dibeli konsumen bukanlah barangnya sendiri, tetapi kegunaan yang dapat diberikan barang tersebut, atau dengan kata lain, kemampuan barang tersebut untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya.
Antara kebutuhan dan keinginan  terdapat suatu perbedaan. Kebutuhan bersifat naluriah. Orang yang merasa lapar, tak perlu diberitahukan bahwa ia membutuhkan makanan. Secara naluriah ia akan mencari barang-barang yang dapat dimakan. Tetapi, keinginan merupakan kebutuhan buatan, yakni kebutuhan yang dibentuk oleh lingkungan hidupnya, seperti lingkungan keluarga, tempat kerja, kelompok-kelompok sosial, tetangga, dan sebagainya. Sehingga kalau dalam memenuhi kebutuhan, manajemen pemasaran harus menentukan “basic needs” (kebutuhan dasar) dari konsumen, maka dalam memenuhi keinginan harus menentukan “basic wants” dari konsumen.
Ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi mengapa seseorang membeli suatu produk tertentu untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Selain jenis produk, faktor ekonomi, faktor psikologis, faktor sosial, faktor antrhopologis, juga menentukan perilaku pembelian seseorang. Termasuk faktor psikologis ini adalah, motif, sikap, kepribadian dan sebagainya. Manajemen perlu mempelajari faktor-faktor tersebut agar program pemasarannya dapat lebih berhasil. Selain itu, keadaan keluarga dan kelompok lain juga perlu dipelajari (tentang hubungan atau interaksi di antara mereka, sikap mereka dan penyebaran informasi di antara mereka) karena hal ini sangat mempengaruhi perilaku konsumen.
Pada masyarakat Kota Langsa khususnya, mengkonsumsi produk mie sudah menjadi kebiasaan karena selain barang substitusi pengganti nasi, mie juga termasuk temannya lauk. Banyak dari kanak-kanak sampai remaja dan orang dewasa menggemari konsumsi mie karena rasanya enak dan gurih.
Produk ini merupakan makanan ready to eat (siap saji) yang tidak membutuhkan waktu lama dalam mengolahnya, praktis dan ekonomis. Maksudnya adalah dapat menghemat waktu pengerjaan, mudah diperoleh (tersedia sampai di warung-warung kecil), dan harganya pun terjangkau dari kalangan masyarakat bawah, menengah dan atas di Kota Langsa.
Dari permasalahan tersebut diatas, penulis ingin membahas dan menuangkan suatu pemikiran dalam bentuk tulisan karya ilmiah yang dengan judul “Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Mie Instan Oleh Masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa”.

  1. Tujuan dan Kegunaan Penelitian
1.     Tujuan penelitian ini adalah :
a.      Untuk mengetahui sejauh mana kecenderungan perilaku masyarakat kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa dalam mengkonsumsi mie instan.
b.     Untuk mengetahui jenis mie instan manakah yang paling digemari oleh masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa.
2.     Kegunaan penelitian ini adalah:
a.      Agar hasil penelitian dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan bagi produsen mie instan sebagai informasi mengenai perilaku konsumen dalam membeli mie instan di Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa.
b.     Agar menambah dan memperluas wawasan penulis dalam memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari Perguruan Tinggi.
c.      Guna memenuhi sebagian syarat menyelesaikan studi untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Pase Langsa.

  1. Hipotesis
Dugaan sementara dari penulisan ini adalah berbagai macam produk mie instan mempengaruhi perilaku pembelian pada masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa.

D.    Metode Penelitian

Melaksanakan penelitian ini, maka penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang diperlukan untuk dapat mendukung penulisan skripsi dengan cara:
1.     Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Melalui teknik ini penulis memperoleh data yang dibutuhkan dari berbagai literatur dari perpustakaan STIM Pase Langsa maupun dari buku-buku  yang  penulis  miliki  serta  dari  sumber-sumber lain yang penulis anggap mempunyai kaitan erat dengan penelitian yang dilakukan.
2.     Penelitian Lapangan (Field Research)
Guna memperoleh data yang akurat dan objektif, penulis mengadakan penelitian langsung ke objek penelitian dengan cara :
a.      Observasi : merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan cara pengamatan langsung dengan melihat keadaan yang sesungguhnya pada objek yang diteliti.
b.     Interview : merupakan pengumpulan data yang dilakukan dengan cara  wawancara dan tatap muka langsung dengan responden.
c.      Kuesioner : merupakan pertanyaan-pertanyaan yang Penulis sebarkan kepada masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa yang kemudian penulis sebut responden.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari responden yang terdiri atas konsumen yang ditemui secara langsung di lokasi penelitian yaitu masyarakat yang berdomisili di Kecamatan Langsa Barat, dan yang menjadi objek penelitian ini adalah konsumen yang dijadikan responden terdiri dari remaja dan dewasa yang berusia 21 sampai dengan 49 tahun yang mengkonsumsi produk mie instan artinya setiap anggota populasi yang berusia tersebut diatas mempunyai peluang yang sama untuk dipilih sebagai anggota sample.
Dan diberi batasan hanya 10% dari penduduk Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa yang berusia 21 sampai dengan 49 tahun berjumlah 10.831 orang (data statistik 2005) adalah sebanyak 1.831 orang responden, dan dengan menggunakan sampel sistematis diperoleh 108 responden yang Penulis anggap dapat mewakili masyarakat Kecamatan Langsa Barat.

  1. Metode Analisis Data
Untuk menganalisa data dalam hal ini penulis menggunakan dua metode yaitu:
1.  Metode Kualitatif
Data ini menyangkut data yang berasal dari lapangan kemudian dikumpulkan dan membuatnya dalam bentuk tabulasi kemudian membandingkan dengan pendapat para ahli dan teori yang ada sebagai landasan teoritis.
2. Metode Kuantitatif
Metode menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian untuk melihat makna hubungan antara isi tabel yang dituangkan dalam bentuk angka dan dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for Social Science). Untuk setiap jawaban responden dari kuisioner digunakan skala Likert yaitu : 5 (sangat setuju), 4 (setuju), 3 (netral), 2 (tidak setuju), 1 (sangat tidak setuju).

  1. Peralatan Analisis
Peralatan analisis yang digunakan untuk melihat perilaku konsumen terhadap mie instan pada masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa adalah peralatan analisis menurut Rangkuti (2002:162) yaitu sebagai berikut:
Y = a  + b1X1 + b2X2 + b3X3 + ….. + bkXk
Dimana :
Y                 =    Perilaku konsumen
X1                =   Merek (membeli, mempengaruhi dan                           menentukan merek)
X2                = Manfaat (mencerminkan manfaat yang dijanjikan)
X3                =   Nilai (Rasa dan harga)
b1, b2, b3       =    Koefisien Regresi
a                  =    Konstanta
Untuk memperoleh data yang akurat maka pengambilan sampel dilakukan secara Probabilitas terhadap konsumen yang ada dengan menggunakan sampel sistematis (systematic Sampling) yaitu seluruh elemen yang ada pada unit pemilihan sampel diberi nomor urut mulai dari 1. Dengan rumus b=N/n, Kalau N adalah jumlah populasi = 10.831 dan n adalah jumlah sampel yaitu 10% = 1.831 maka nilai b= 10.831/1.831 atau sama dengan 10.
Sampel pertama ditentukan secara random, kemudian sampel berikutnya berturut-turut setiap nomor dengan interval 10. Misal sampel pertama elemen nomor 5 maka sample kedua dan seterusnya adalah elemen-elemen 15;25;35;45;……;1.075 sehingga sample seluruhnya berjumlah 108 orang responden yang penulis pilih dari 10 toko di kota Langsa, yaitu Toko Makmur, Ratu, Ramai, Indah, Murah, Sukma, Ayu, Murni, Mawar dan toko Meriah, dengan komposisi penyebaran kuisioner masing-masing toko sebanyak 108 lembar untuk diisi oleh pembeli mie instan.

G.    Sistematika Penulisan

Untuk lebih terarahnya skripsi ini, penulis membaginya dalam lima bab, dan masing-masing bab dibagi dalam beberapa sub bab, sehingga penulisan ini akan menjadi :


BAB  I         Pendahuluan
Berisikan Latar Belakang Permasalahan, Tujuan dan Kegunaan Penelitian, Hipotesis dan Metode Penelitian, Metode Analisis Data, Peralatan Analisis dan Sistematika Penulisan.
BAB  II        Studi Kepustakaan
Berisikan mengenai Pengertian Perilaku Konsumen, Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, Pengertian Konsumen dan Pembelian Individual, Hal-hal Pokok Dalam Analisa Perilaku Konsumen, Motif Pembelian Konsumen, dan Keputusan Pembelian.
BAB III       Hasil Penelitian
Berisikan mengenai Karakteristik Responden, Identifikasi Perilaku Konsumen dan Identifikasi Pembelian Mie Instan.
BAB IV        Pembahasan
Berisikan mengenai Analisis Perilaku Konsumen dan Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Mie Instan Oleh Masyarakat Kecamatan Langsa Barat Pemko Langsa.
BAB  V        Kesimpulan dan Saran-saran
Berisikan tentang kesimpulan dan saran-saran dari hasil penelitian yang dilakukan.









Paling Banyak Diminati